Dokumentasi Regional Peer Learning Meeting (Bekasi, 10-11 Oktober 2017)

Salah satu acara di Regional Peer Learning Meeting adalah Gala Dinner dengan memakai pakaian adat masing-masing daerah

Program Perpuseru yang disponsori oleh Coca-cola Foundation Indonesia tujuannya adalah untuk mentransformasi perpustakaan, yakni bukan hanya menyediakan buku-buku bacaan tetapi mampu memberikan layanan komputer, internet, serta akses informasi yang terbuka bagi masyarakat. 

Selain itu juga untuk membentuk perpustakaan sebagai pusat berkegiatan masyarakat. Dari perpustakaan akan muncul kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat, advokasi, peningkatan layanan komputer dan internet serta pengembangan perpustakaan dengan stakeholder meeting.

Di Kabupten Rembang, ada 4 perpustakaan desa yang bermitra dengan perpuseru, yakni Perpusdes Dasun, Sanetan, Trembes dan Meteseh. Kebetulan sejak bermitra dengan perpuseru kegiatan-kegiatan di perpusdes ini meningkat tajam. Akibat dari pelatihan dan arahan yang diperoleh dari bermitra dengan perpuseru. Selain itu tak sedikit masyarakat yang sudah merasakan dampak adanya program Perpuseru ini di desa.

Pada 11-12 Oktober 2017 ke empat perpusdes di Kabupaten Rembang ini diundang oleh Perpuseru untuk mengikuti kegiatan Regional Peer Learning Meeting di Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan seluruh perpustakaan mitra perpuseru di Indonesia agar bisa saling bertukar pikiran, berbagi kisah sukses serta saling belajar. Selain itu kegiatan ini juga ada penghargaan kepada perpustakaan yang berprestasi di Indonesia.

Acara ini bertema besar "Perpustakaan Kreatif & Inovatif Menuju Masyarakat Sejahtera". Uniknya, di Regional Peer Learning Meeting kali ini juga ada Lapak Jongkok yang memamerkan produk-produk yang dihasilkan dari belajar di perpustakaan. Lapak Jongkok ini sangat menarik, semua kabupaten berpartisipasi untuk meramaikannya.


Pelaksanaan Regional Peer Learning Meeting sangat menarik, mulai dari pembukaan sampai penutupan, pengemasan acara-acara perpuseru sangat khas yakni tidak ada sekat antara fasilitator dengan peserta. Direktur pelaksana Perpuseru yakni Ibu Erlyn Sulistyaningsih sangat ramah kepada seluruh peserta. Ibu ini selain cantik juga sangat baik, pintar, serta kepekaan sosialnya sangat tinggi. 

Nah banyak sekali oleh-oleh yang didapatkan dari acara Regional Peer Learning Meeting kali ini, semoga semakin membuat perpustakaan di Indonesia bisa maju dan memberdayakan seluruh masyarakat. 

Perpuseru Bikin Kita Maju!
Pengetahuan Itu Kekuatan!
Salam Perpuseru!

Berikut adalah hasil dokumentasi Regional Peer Learning Meeting di Bekasi, 10-11 Oktober 2017;







 













































Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dokumentasi Pelatihan Kewirausahaan Perpusdes Dasun

Srawung Sedulur Soditan “Wayang Gagrak Pesisiran Lasem”

Dokumentasi Pelatihan Menari